Kuliah!! First time of OSK

Hari Rabu tanggal 3 September merupakan hari ke dua perkuliahanku di Universitas Indonesia. Ya harusnya sih hari ke tiga, tapi hari pertama aku gak masuk kuliah karena sakit. Jam 7 aku baru berangkat sedangkan kelas akan mulai jam setengah 8. Aku merasa yakin, bahwa hari ini aku akan telat.
Aku tiba di halte Vokasi jam 07.25, sedangkan lima menit lagi kelas akan mulai. Akhirnya aku berlari sekuat tenaga dan akhirnya aku tiba di lantai lima dengan keadaan ngos-ngosan. Aku pun mengintip kelas, dan syukurlah! Sang dosen belum datang. Aku pun langsung duduk dan melemaskan badan yang kecapekan karena abis naik tangga.
Lima menit kemudian, sang dosen datang dengan membawa sebuah tas besar yang sepertinya berisi alat-alat elektronik. Aku merasa agak senang, karena dari dulu, di tiap sekolah, yang namanya "Guru Komputer" adalah guru mata pelajaran biasa yang kebetulan bisa komputer dan melamar jadi guru komputer. Tapi sepertinya dosen yang ini berbeda. Sepertinya kepalanya berisi kode pemrograman semua deh.
Beliau pun memulai kelasnya. Dia memperkenalkan dirinya. Ternyata namanya adalah Yulius Eka. Beliau mulai menjelaskan kepada kami mengenai apa sih pelajaran Organisasi Sistem Komputer itu. Dia menjelaskan bahwa nanti kami akan belajar tentang hardware-hardware yang akan mendukung sistem si Akuntansi ini.
Beliau juga menjelaskan, bahwa ke depannya betapa bergunanya gadget untuk kami. Dan akan lebih srek lagi kalau kami mempunyai laptop. Beberapa saat kemudian dia mulai membuka laptopnya dan mencoloknya ke proyektor yang sudah menjadi bagian dari kelas. Dia mulai menjelaskan bahwa kami nanti akan diajarkan mengenai pemrograman yang nantinya akan dipergunakan untuk pembuatan software-software Akuntansi. Dan saat dia mulai menjelaskan "Pemrograman", di situlah titik ketertarikanku terhadap dosen yang satu ini. Ouh, I'm gonna love this class!
Ada banyak hal yang bikin aku tertarik sama dosen ini. Terutama saat dia membuka software buatannya sendiri. Dia membuat software sederhana dari Visual Studio (aku gak tau apakah itu VB, C++, atau apa) yang fungsinya keren banget. Program tersebut pertama-tama mendeteksi kamera (webcam) yang ada di laptop itu, lalu mulai mengaktifkannya. Saat Pak Yulius memunculkan mukanya di depan webcam, program tersebut langsung mendeteksi identitas dari Pak Yulius, dan di program itu langsung muncul namanya Pak Yulius. WOW! Gak nyesel banget masuk Vokasi Akuntansi TSI UI.
Lalu dia mulai mengeluarkan beberapa barang yang ada di tasnya. Dan ada satu barang yang cukup besar, dan alat itu such an amazing tools banget! Dia punya alat untuk mendeteksi kerusakan sebuah gadget. And you know what? Alat itu udah dia modif sendiri makanya bisa secanggih itu. Gileee!! Dan bahkan, dia punya alat yang sama dengan ukuran yang kecil dan tanpa menggunakan listrik, dan lagi-lagi itu hasil modifikasinya sendiri. Astagaaa aku excited banget sama matkul ini!
Dia juga menunjukkan tugas angkatan di atas kami, tahun lalu mereka membuat video cara membongkar dan memperbaiki gadget. Dia juga sekaligus membahas satu-persatu alat-alat yang dipergunakan di video tersebut dan fungsinya. Dan dari sebagian peralatan tersebut, dia memberitahukan beberapa alternatif jika kita tidak bisa menemukan alat-alat tersebut. Bahkan dia merekomendasikan untuk pergi ke bengkel untuk membersihkan peralatan elektronik! Waw, hebat sekali beliau!!
Dia juga menceritakan betapa liciknya para tukang servis hp. Dia sering kali mendengar cerita penipuan, yaitu orang yang datang ke servis hp, lalu sang tukang servis menyarankan mengganti mainboard atau komponen hp dengan harga yang mahal, padahal sebenarnya untuk menservis hp tersebut tidak perlu ada yang diganti. Tapi kelicikan sang tukang servis mengalahkan sang konsumen. Dan kalian tau apa artinya? Dosen ini tau soal hal-hal kayak begituan, dan dia gak seperti guru komputer pada umumnya. Sekali lagi, aku bangga masuk sini!
Oh ya, ada lagi! Dia bisa mendeteksi sebuah foto, apakah itu asli atau palsu, HANYA dengan menggunakan Notepad, program bawaan dari Windows. Dan melalui keahliannya tersebut, beliau sampai bisa diajak bekerja sama dengan polisi untuk mengungkap kejahatan. Aduh gile hebat banget ih!!
Sebenarnya beliau juga menceritakan beberapa pengalamannya yang berkaitan dengan hal-hal di luar pelajaran OSK, termasuk bagaimana kerasnya OSPEK Teknik Elektro pada tahun 1980-an, di mana dulu para maba menderita secara fisik, karena mereka semua dipukuli terus-terusan.
Sungguh, ini bener-bener pelajaran yang sangat menarik buatku. Aku yakin, semakin sering aku ketemu Pak Yulius, semakin banyak ilmu komputer yang aku dapat. Karena menjadi IT adalah cita-citaku yang gagal kuraih karena aku masuk IPS saat SMA dulu.

0 comments